http://www.stkippgri-lmg.ac.id
11-12-2017 | Dibaca : 143 pembaca

KEMBANGKAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI POLA MODERN

KEMBANGKAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI POLA MODERN

KAMPUS KITA-Ada yang berbeda dengan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata yang dilaksanakan oleh Mahasiswa STKIP PGRI Lamongan tahun 2017 ini. Selama dua bulan ini, terhitung sejak bulan Agustus hingga September 2017, mahasiswa mengadi untuk terlibat dalam pengembangan produksi Kripik Singkong di Desa Tenggiring Kecamatan Sambeng Lamongan. Kripik singkong tersebut sudah dikembangkan oleh masyarakat sekitar sebagai aktivitas ekonomi. Walaupun demikian, masih dikelola secara sederhana dan manual.

Wahyu Rahma Yussita, salah satu peserta mengungkapkan bahwa, selama dirinya mengabdi di tempat ini telah melakukan beberapa inovasi. Diantaranya inovasi produk, kemasan, pemasaran, dan promosi. “Kami sudah memasarkan kripik singkong ini hingga Kabupaten Tuban dan Gresik yang sebelumnya hanya didistribusikan ke wilayah Lamongan saja”, ujarnya.

Selain itu, wahyu menambahkan kalau dirinya bersama tim juga telah melakukan inovasi pada rasa kripik singkong. Sebelumnya, kripik singkong hanya memiliki rasa asin saja, namun kini telah dikebangkan menjadi rasa balado, rasa buah, rasa bawang, dan beberapa rasa lainnya. “Beragam rasa tersebut juga diterima baik oleh para konsumen,” jelasnya.

Menurut Meilani, selain inovasi rasa tersebut juga ada perubahan pada kemasan dan pemasaran. Kalau sebelumnya kemasannya hanya menggunakan plastik biasa, sekarang kami kembangkan dengan diberi label kemasan kripik tenggiring. Dengan kemasan beru tersebut bisa diterima di beberapa minimarket dengan harga yang tentu lebih tinggi dari sebelumnya. “kami juga menggunakan media sosial untuk mempromosikan produk ini, alhamdulillah respon netizen juga sangat positif,” ungkap mahasiswi berkerudung tersebut.

Ningsih, salah satu pengrajin kripik singkong tenggiring ini sangat berterima kasih dengan usaha yang telah dilakukan oleh mahasiswa STKIP PGRI Lamongan. “Dengan inovasi yang telah dilakukan oleh mereka, usaha kami lebih memiliki nilai dan semoga bisa terus dikembangkan,” harapnya.(yes)